Komponen CPU Dan Fungsinya

CPU atau Central Processing Unit merupakan pusat pemrosesan data pada sebuah perangkat komputer. Di dalam cpu terdapat beberapa komponen yang saling terhubung dan bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk melakukan proses komputerisasi. Didalam cpu inilah data yang anda input melalui perangkat input seperti keyboard akan di proses yang kemudian cpu akan memberikan data tersebut ke perangkat output untuk dicetak atau ditampilkan seperti perangkat monitor atau secreen dan printer. Untuk mengetahui komponen apa saja yang ada dalam cpu untuk melakukan pemrosesan data maka kali ini akan dijelaskan komponen-komponen tersebut lengkap dengan fungsinya.

Komponen Komponen CPU Dan Fungsinya

1# Motherboard




Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit yang berfungsi untuk meletakkan komponenkomponen pendukung pemrosesan data seperti Processor, Memory Ram, Vga Card, Lan Card, Sound Card dan lainnya. Motherboard akan bertanggung jawab untuk menjaga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan bekerja sama.




2# Processor

Processor merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi untuk mengesekusi sebuah perintah. Jadi cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah komputer akan sangat bergantung pada kecepatan processor yang digunakannya.









3# Memory RAM

Memory RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komputer, jadi ketika anda memberikan sebuah perintah kepada komputer, memory RAM akan menyimpan perintah tersebut untuk sementara yang kemudian akan di eksekusi oleh processor.











4# Hardisk

Jika RAM merupakan memory untuk menyimpan data secara sementara maka Harddisk adalah tempat menyimpan data secara permanen. Disinilah tempat data-data yang anda kerjakan akan anda di simpan secara permanen.







5# VGA Card

VGA Card atau Video Graphics Array merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah data video agar dapat ditampilkan ke monitor komputer. VGA Card biasanya ada yang bersifat on board da ada juga yang di tambahkan di slot motherboard. Untuk mendapatkan kualitas video yang berakselerasi tinggi dan cepat maka anda boleh menambahkan VGA Card d komputer anda.





6# LAN Card

Land Card atau kartu jaringan merupakan komponen yang berfungsi sebagai port untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Lan Card tersebut akan dihubungkan ke kabel RJ45 untuk terhugung ke jaringan komputer.






7# Sound Card

Sound Card digunakan untuk mengolah data suara agar dapat kita dengarkan, melalui panel output souncard kita akan bisa mendengarkan suara yang dihasilakan komputer, dengan lan card ini jugalah kita dapat melakukan perekaman suara.





8# CD-ROM/DVD-RW

Optical Drive atau biasa dikenal dengan CD-ROM/DVD-RW merupakan komponen yang digunkan untuk membaca atau menulis CD/DVD. Memlaui Optical Drive ini anda juga bisa memburning data dalam bentuk CD/DVD dan juga akan memungkinkan anda dapat membaca atau melihat file yang ada di dalam CD/DVD.







9# Power Supply

Komponen Power Supply berfungsi untuk mendistribusikan arus listrik ke seluruh komponen komputer. Power Supply inilah yang bertanggung jawab untuk mensupply arus ke setiap komponen sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja.












10# Kipas atau Cooler

Kipas berfungsi sebagai pendingin pada komponen komputer, kipas biasanya akan dipasangi pada processor, hardisk, memory, vga card dan lainnya. Selain untuk menjaga komponen-komponen tersebut tetap dingin, kipas juga akan bertanggung jawab untuk menjaga suhu udara dalam cpu tetap dingin dan tidak overheat.








11# Kabel Penghubung

Kabel penghubung digunakan untuk menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya, ada yang digunkan sebagai kabel pembawa data sperti kabel SATA pada harddsik yang tersambung ke motherboard, dan ada juga yang digunakan sebagai kabel untuk mengalirkan daya ke komponen komputer.









12# Cashing CPU

Cashing CPU digunakan untuk menutupi dan melindungi semua komponen central processing unit dari gangguan luar seperti debu air dan sebagainya. Cashing CPU didesign sebaik mungkin agar dapat melindungi komponen komputer dan juga dapat digunakan secara praktis. Demikianlah ulasan mengenai  

Komponen Komponen CPU Dan Fungsinya yang tentu saja penting untuk kita ketahui agar kita semakin paham bagaimana sebuah komputer itu bekerja melakukan pemrosesan data. 




BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Waode

Healthy IF adalah sebuah blog personal yang membahas berbagai macam informasi dari berbagai macam dunia kesehatan dari mulai manfaat hingga bahaya yang ditimbulkan dari berbagai macam tumbuhan dan lain sebagainya.